Minggu, 16 Juni 2019

Bila Anda Merasa Nol Pengalaman Kerja


Oleh : Bambang Haryanto

Tidak sedikit pemburu kerja yang freshgrad jadi frustrasi. Yakni ketika melamar sesuatu lowongan yang mensyaratkan pelamar harus memiliki pengalaman kerja, misalnya1-2 tahun di bidang yang sama. 

Kalau Anda sebagai pemburu kerja yang merasa mentok dengan hal tersebut, saya punya sedikit usulan. Hemat saya, pengalaman kerja sering diartikan secara sempit. Yakni sebagai pengalaman kerja yang memperoleh upah. 

Padahal aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, berorganisasi di kampus, menjadi relawan sampai magang, semuanya itu adalah juga pengalaman kerja yang berharga. 

Para rekruiter pun memberi apresiasi tinggi terhadap kandidat yang memiliki pengalaman kerja semacam itu. Pengalaman tersebut memiliki nilai lebih yang signifikan ketimbang freshgrad yang ber-IPK  tinggi tetapi sebagai mahasiswa kupu-kupu, kuliah pulang-kuliah pulang belaka. 

Bagi mereka yang kini masih berkuliah, terjunlah dalam beragam aktivitas ekstrakurikuler. Sekaligus mengembangkan jejaring.Ber-networking.

Bila saatnya tiba, Anda tinggal mengasah keterampilan dalam berkomunikasi lisan dan tertulis guna memformulasikan semua pengalaman- pengalaman kerja non-upah itu dalam bahasa dunia pekerjaan ketika diri Anda terjun berburu pekerjaan.

Sukses untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar