Sabtu, 29 Juni 2019

Kiat Sukses Berburu Pekerjaan dari Pasukan Pemadam Kebakaran

 Oleh : Bambang Haryanto



Sibling rivalry. Perseteruan (abadi?) antar-saudara telah menjadi plot utama dari film Backdraft (1991) ini. Ini film tentang perjuangan regu pemadam kebakaran. 

Dalam film ini kita bisa belajar mengenai karakter api dalam suatu bencana kebakaran, dimana dalam suhu tertentu api seolah bisa memiliki "nyawa" dan menantang berdialog dengan para pasukan pemadam kebakaran. Api bisa membesar dan makin ganas atau sebaliknya tergantung dialog antar-keduanya. 

Kisah perjuangan pasukan damkar ini pernah diulas oleh Prof Rhenald Kasali. Yakni tentang ritual mereka seusai tugas pemadaman selesai. Mereka selalu bertemu untuk mendiskusikan keberhasilan atau pun kegagalan atas misi yang baru berlalu. Secara bersama mereka saling belajar, berbagi pengalaman demi meningkatnya kapasitas diri masing-masing. 

Mengapa keteladanan mereka ini tidak mengilhami para pemburu kerja? Dengan membentuk #jobclub untuk menggalang rasa setiakawan, untuk berbagi wawasan dan informasi, demi keberhasilan bersama.

Dalam film Backdraft itu, ketika kota dihantui penjahat pembakar api (arsonist), perseteruan antar-saudara itu bisa mereka sisihkan. Mereka kemudian bekerjasama untuk menanggulangi bencana kebakaran yang terjadi.

Kebersamaan menjadi kunci sukses bersama. 
Bagaimana dengan Anda ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar